Kunjungan Edukatif RA AL IKHWAN ke Damkar Jakarta Utara

Dalam rangka pengenalan profesi/ pekerjaan, para siswa RA Al-Ikhwan melakukan kunjungan edukatif ke Damkar Jakarta Utara. Kunjungan Edukatif ini diikuti oleh siswa RA dan PRA RA (60 anak), Guru (5 orang), dan Orang tua siswa (+/- 30 orang).

Semua kegiatan pada Kunjungan Edukatif ke Damkar sangatlah positif. Pengenalan pekerjaan unit pemadam kebakaran kepada anak sejak dini akan dapat membantu menggambarkan kepada anak-anak betapa pentingnya pekerjaan ini di tengah masyarakat.


Apalagi fungsi unit pemadam kebakaran tidak hanya memadamkan api akibat musibah kebakaran, tetapi juga membantu korban banjir, menyelamatkan binatang/hewan, mengevakuasi korban reruntuhan dan masih banyak lagi.

Tidak hanya sambutan yang ramah dari petugas Damkar, anak-anak juga berkesempatan menonton demontrasi dan pengenalan alat-alat yang digunakan oleh petugas pemadam kebakaran seperti helm, tabung pemadam api, selang, nozzle dan baju anti api.


Dengan gembira anak-anak memegang dan menggunakan alat tersebut dengan bantuan petugas. Dari semua alat yang diperagakan, yang paling menarik perhatian anak-anak adalah mobil pemadam kebakaran yang dirancang unik karena memiliki sirine, tangga tempel, pompa dan penampung air, kran-kran penyemprot dan tombol-tombol khusus yang tidak dimiliki mobil lain.

Selain itu mereka diberi kesempatan untuk mencoba demonstrasi pemadaman api dengan menyemprotkan air dari selang yang dihubungkan ke mobil pemadam kebakaran. Tidak ketinggalan pula orang tua murid juga mendapatkan edukasi oleh tim Damkar masalah penangan pertama apabila terjadi kebakaran akibat kebocoran gas.

Kegiatan ditutup dengan bermain air, dimana anak-anak disemprotkan air melalui selang pemadam dilanjutkan sesi foto bersama. Diharapkan Kunjungan Edukatif ini memberikan semangat untuk mengenal dan memupuk rasa kecintaan anak terhadap profesi yang berhubungan dengan pelayanan publik dan sosial.

Foto-foto kegiatan lebih lengkap dapat dilihat di tautan berikut:
https://www.facebook.com/pg/alikhwanjakut/photos/?tab=album&album_id=280975099182973

Postingan populer dari blog ini

Market Day RA Al Ikhwan 2020

Fieldtrip ke Pemadam Kebakaran Semper Jakarta Utara

Field Trip Ke Godong Ijo Depok